Bantu Korban Gempa, Blogger China Dipenjara 3 Tahun

|

Malang benar nasib blogger asal China ini Huang Qi, niat hati ingin membantu korban gempa bumi melalui tulisannya, justru dirinya malah dijebloskan ke penjara oleh pemerintah. Alasannya, blogger tersebut dianggap menyebarkan rahasia negara.


"Dia terancam penjara selama tiga tahun penjara. Karena dianggap menyebarkan kritikan kepada pemerintahan melalui blognya. Dan itu dianggap membocorkan dokumen rahasia negara," jelas pengacara Huang Qi, Mo Shaoping, seperti yang dilansir melalui CNN, Kamis (26/11/2009).

Melihat hal tersebut Departemen Luar Negeri AS langsung beraksi dan melakukan protes karena memenjarakan blogger itu, pihak AS mengatakan kegiatan itu untuk mendukung upaya China dalam menegakkan hukum.


Huang ditahan pada Juni 2008 setelah bekerja untuk membantu anak-anak tewas yang keluarganya tewas karena gempa Sichuan pada 12 Mei 2008. Dia mengkiritik karena karena runtuhnya bangunan sekolah disebabkan dibangun dengan cara yang buruk. Huang yang merupakan pendiri situs hak asasi manusia 64Tianwang.com, telah menposting artikel karena mengkritik cara bantuan pemerintah kepada korban gempa sedang disusun.

Organisasi hak asasi manusia memprotes vonis penjara tiga tahun tersebut, Huang seharusnya tidak ditangkap dan harus segera dibebaskan.








0 komentar:

Post a Comment

 

©2009 Kampoeng Iklan | Template Blue by TNB